PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN DI INDOMART TATAARAN PATAR, MINAHASA

Authors

  • Iwan Kandori Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.3183

Keywords:

Service Quality, Price Perception, Purchase Decision

Abstract

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Indomart Tataaran Patar Minahasa, pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Indomart Tataaran Patar Minahasa, pengaruh kualitas pelayanan, dan persepsi harga, terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Indomart Tataaran Patar Minahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di Indomart Tataaran Patar Minahasa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Indomart Tataaran Patar Minahasa, terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi harga terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan dan persepsi harga secara bersama-samaterhadap keputusan pembelian. Sumbangan efektif variabel kualitas pelayanan sebesar 60,5% dan persepsi harga sebesar 60,3% terhadap keputusan pembelian pelanggan di Indomart Tataaran Patar Minahasa.

Kata kunci :Kualitas Pelayanan, Persepsi harga dan Keputusan pembelian

 

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine: the effect of service quality on purchasing decisions for Indomart Tataaran Patar Minahasa customers, the effect of price perceptions on purchasing decisions for Indomart Tataaran Patar Minahasa customers, the effect of service quality, and price perceptions on purchasing decisions for Indomart Tataaran Patar Minahasa customers. This study uses a quantitative approach. The population in this study are consumers who have made purchases at Indomart Tataaran Patar Minahasa. Data collection techniques using a questionnaire that has been tested for validity and reliability. The data analysis technique used multiple regression. The results showed that: there was a positive and significant influence on service quality on purchasing decisions at Indomart Tataaran Patar Minahasa, there was a positive and significant influence on price perception on purchasing decisions, and there was a positive and significant influence on service quality and price perceptions together on purchasing decisions. The effective contribution of service quality variable is 60.5% and price perception is 60.3% towards customer purchasing decisions at Indomart Tataaran Patar Minahasa.

Keywords: Service Quality, Price Perception and Purchase Decision

References

Garatu, Timotius. 2013. Pengaruh Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Ramayana Motor Poso, Sulawesi Tengah. Jurnal Ekonomi. Vol. 13, No. 1. Haryanto. (2010). Pengertian Motivasi belajar

Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir. 2005. Etika Customer Service. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Iplementasi dan Pengendalian, Edisi Kedelapan (terjemahan Arcella Ariwati Hermawan). Salemba Empat: Jakarta.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. PT Indeks Kelompok Gramedia: Jakarta.

Mowen, John C, Michael Minor, Dwi Kartini Yahya. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid 2. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Peter, J. Paul and Jerry C. Olson. 2010. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Saladin, Djaslim. 2012 Manajemen Pemasaran. Edisi Keempat. Linda Karya: Bandung

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4. Buku 1. Salemba Empat: Jakarta

Stanton, William J.2003. Prinsip Pemasaran (terjemahan). Edisi 7,jilid 1.Erlangga. Jakarta.

Sugiarto. 2013. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Persepsi Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen. Vol. 2. No.2

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta: Bandung

Swastha, Basu dan Irawan. 2013. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta.

Thomson. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsumen pada WarungUcok Durian Iskandar Muda Medan terhadap Keputusan Pembelian. FE USU.

Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Offset:Yogyakarta.

Verina, Eunike., Edy Yulianto dan Wasis A. Latif. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Toko Fashion di Jejaring Sosial Face Book. Jurnal Administrasi dan Bisnis. Vol. 10, No.1.

Widodo, Tri. 2016. Pengaruh Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Among Makarti. Vol. 9. No. 17.

Additional Files

Published

2020-12-28

How to Cite

Kandori, I. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN DI INDOMART TATAARAN PATAR, MINAHASA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 137-149. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.3183

Issue

Section

Articles