PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN USAHA KERAJINAN GERABAH DI DESA PULUTAN KECAMATAN REMBOKEN KABUPATEN MINAHASA

Authors

  • Henry J.D Tamboto Universitas Negeri Manado
  • Allen CH Manongko Universitas Negeri Manado
  • Rivaldo Kowaas Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.3974

Keywords:

Product Quality, Service Quality, Consumer Satisfaction

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen usaha kerajinan Gerabah di Desa Pulutan Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa Metode penelitian survey, dengan sampel 60 orang dan teknik yang di gunakan yaitu angket dengan mengunakan teknik accidental sampling dan dokumentasi. Penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengaruh kualitas produk tehadap kepuasan konsumen (2) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (3) Mengetahui secara bersama-sama pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan tehadapa kepuasan konsumen. Hasil penelitian di analisis dengan metode analisis regresi linier berganda. Uji simultan (Uji F). Uji parsial (Uji T). adapun hasil dari penelitian menunjukan (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen usaha kerajinan Gerabah di Desa Pulutan sebesar 98,01% dengan jumlah thitung > ttabel = 75,38 > 2,001. (2) kualitas pelayanan berpengaruh posistif dan sugnifikan terhadap kepuasan konsumen usaha kerajinan Gerabah di Desa Pulutan sebesar 98,40% dengan jumlah thitung > ttabel = 94,425 > 2,001. (3) kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen usaha kerajinan Gerabah di Desa Pulutan Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa sebesar 98,60% dengan jumlah thitung > ttabel dengan jumlah = 9,972>3,258

Kata kunci :Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

 

survey research, with a sample of 60 people and the technique used is a questionnaire using the technique of accidental sampling and documentation. This study is to determine (1) the effect of product quality on consumer satisfaction (2) The effect of service quality on consumer satisfaction (3) Knowing jointly the effect of product quality and service quality on consumer satisfaction. The results of the study were analyzed using multiple linear regression analysis methods. Simultaneous test (F test). Partial test (T test). Adapum results from the research show (1) product quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction of the Geraba handicraft business in Pulutan Village by 98.01% with tcount > ttable = 75.38 > 2,001. (2) service quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction in the Geraba handicraft business in Pulutan Village by 98.40% with tcount > ttable = 94,425 > 2,001. (3) product quality and service quality have a positive and significant effect on consumer satisfaction in the Geraba handicraft business in Pulutan Village, Remboken District, Minahasa Regency by 98.60% with tcount > ttable with total = 9,972> 3,258

Keywords: Product Quality, Service Quality, Consumer Satisfaction

Author Biographies

Henry J.D Tamboto, Universitas Negeri Manado

Ilmu Amalia Amal Ilmiah

Rivaldo Kowaas, Universitas Negeri Manado

Ilmu Amalia Amal Ilmiah

References

Adisetiawan, R. (2017). Performance Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 14(3), 1- 10.

Alma, B. 2003. ... Kotler, Philip. 2005. ... Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Amilia, Suri dan M. Oloan Asmara, 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan

Buku : Ali, Hasan . 2013. ... Suparyanto & Rosad. 2015

Cooper, Donald R dan Emory, C William, (1999). “Metode Penelitian Bisnis”. Edisi kelima. Jilid 1. Erlangga Jakarta.

Dewi, Amelia Chynthia. 2013. Studi Deskriptif Mengenai Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Travel “X” Bandung. Skripsi. Bandung : Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha.

Fadila, Dewi dan Sari Lestari Zainal Ridho. 2013. Perilaku Konsumen. Palembang: Citrabooks Indonesia

Goetsch dan Davis, 1994 dalam Nasution (2005), Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management , Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor : 14-18.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.

Hasan, Iqbal, 2009, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Bumi Aksara, Jakata.

Indikator- indikator keputusan pembelian Menurut Kotler (2000:203)

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. PT Raja Grafindo Persada. Depok.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Menurut Suparyanto dan Rosad (2015:106)

otler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. edisi ke-13, jilid2. Jakarta: Erlangga. Marwanto, Aris. 2015. Marketing sukses. Yogyakarta

Pramudyo. 2012. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan . Vol. I, No. 1, Agustus 2012. ISSN: 2252-5483. JBMA. Diakses pada November 2015.

Riduwan. (2012). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Risky Nurhayati. 2011. “Pengaruuh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan” (Studi pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta.

Tse dan Wilton(2008) Kepuasan Pelanggan, jilid 2 Edisi ketiga, indeks

Widoyoko. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yogyakarta Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2009 pengguna Handphone Merek Nokia). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta, 2001.

Additional Files

Published

2020-12-28

How to Cite

Tamboto, H. J. ., Manongko, A. C. ., & Kowaas, R. . (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN USAHA KERAJINAN GERABAH DI DESA PULUTAN KECAMATAN REMBOKEN KABUPATEN MINAHASA . Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 317-335. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.3974

Issue

Section

Articles