PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN USAHA KERAJINAN GERABAH DI DESA PULUTAN KECAMATAN REMBOKEN KABUPATEN MINAHASA
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.3974Keywords:
Product Quality, Service Quality, Consumer SatisfactionAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen usaha kerajinan Gerabah di Desa Pulutan Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa Metode penelitian survey, dengan sampel 60 orang dan teknik yang di gunakan yaitu angket dengan mengunakan teknik accidental sampling dan dokumentasi. Penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengaruh kualitas produk tehadap kepuasan konsumen (2) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (3) Mengetahui secara bersama-sama pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan tehadapa kepuasan konsumen. Hasil penelitian di analisis dengan metode analisis regresi linier berganda. Uji simultan (Uji F). Uji parsial (Uji T). adapun hasil dari penelitian menunjukan (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen usaha kerajinan Gerabah di Desa Pulutan sebesar 98,01% dengan jumlah thitung > ttabel = 75,38 > 2,001. (2) kualitas pelayanan berpengaruh posistif dan sugnifikan terhadap kepuasan konsumen usaha kerajinan Gerabah di Desa Pulutan sebesar 98,40% dengan jumlah thitung > ttabel = 94,425 > 2,001. (3) kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen usaha kerajinan Gerabah di Desa Pulutan Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa sebesar 98,60% dengan jumlah thitung > ttabel dengan jumlah = 9,972>3,258
Kata kunci :Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
survey research, with a sample of 60 people and the technique used is a questionnaire using the technique of accidental sampling and documentation. This study is to determine (1) the effect of product quality on consumer satisfaction (2) The effect of service quality on consumer satisfaction (3) Knowing jointly the effect of product quality and service quality on consumer satisfaction. The results of the study were analyzed using multiple linear regression analysis methods. Simultaneous test (F test). Partial test (T test). Adapum results from the research show (1) product quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction of the Geraba handicraft business in Pulutan Village by 98.01% with tcount > ttable = 75.38 > 2,001. (2) service quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction in the Geraba handicraft business in Pulutan Village by 98.40% with tcount > ttable = 94,425 > 2,001. (3) product quality and service quality have a positive and significant effect on consumer satisfaction in the Geraba handicraft business in Pulutan Village, Remboken District, Minahasa Regency by 98.60% with tcount > ttable with total = 9,972> 3,258
Keywords: Product Quality, Service Quality, Consumer Satisfaction
References
Adisetiawan, R. (2017). Performance Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 14(3), 1- 10.
Alma, B. 2003. ... Kotler, Philip. 2005. ... Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Amilia, Suri dan M. Oloan Asmara, 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan
Buku : Ali, Hasan . 2013. ... Suparyanto & Rosad. 2015
Cooper, Donald R dan Emory, C William, (1999). “Metode Penelitian Bisnis”. Edisi kelima. Jilid 1. Erlangga Jakarta.
Dewi, Amelia Chynthia. 2013. Studi Deskriptif Mengenai Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Travel “X” Bandung. Skripsi. Bandung : Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha.
Fadila, Dewi dan Sari Lestari Zainal Ridho. 2013. Perilaku Konsumen. Palembang: Citrabooks Indonesia
Goetsch dan Davis, 1994 dalam Nasution (2005), Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management , Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor : 14-18.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.
Hasan, Iqbal, 2009, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Bumi Aksara, Jakata.
Indikator- indikator keputusan pembelian Menurut Kotler (2000:203)
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. PT Raja Grafindo Persada. Depok.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Menurut Suparyanto dan Rosad (2015:106)
otler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. edisi ke-13, jilid2. Jakarta: Erlangga. Marwanto, Aris. 2015. Marketing sukses. Yogyakarta
Pramudyo. 2012. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan . Vol. I, No. 1, Agustus 2012. ISSN: 2252-5483. JBMA. Diakses pada November 2015.
Riduwan. (2012). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Risky Nurhayati. 2011. “Pengaruuh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan” (Studi pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta.
Tse dan Wilton(2008) Kepuasan Pelanggan, jilid 2 Edisi ketiga, indeks
Widoyoko. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yogyakarta Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2009 pengguna Handphone Merek Nokia). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta, 2001.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Henry J.D Tamboto, Allen CH Manongko, Rivaldo Kowaas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.