PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN DI ALFAMART TATAARAN II, MINAHASA
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.1645Keywords:
Kualitas Pelayanan, Persepsi harga, Keputusan pembelianAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamart Tataaran II Minahasa, pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamart Tataaran II Minahasa, pengaruh kualitas pelayanan, dan persepsi harga, terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamart Tataran II Minahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di Alfamart Tataaran II Minahasa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di alfamart tataaran II minahasa, terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi harga terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan dan persepsi harga secara bersama-samaterhadap keputusan pembelian. Sumbangan efektif variabel kualitas pelayanan sebesar 60,5% dan persepsi harga sebesar 60,3% terhadap keputusan pembelian pelanggan di Alfamart tataaran II minahasa.
References
Garatu, Timotius. 2013. Pengaruh Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Ramayana Motor Poso, Sulawesi Tengah. Jurnal Ekonomi. Vol. 13, No. 1. Haryanto. (2010). Pengertian Motivasi belajar
Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro.
Kasmir. 2005. Etika Customer Service. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Iplementasi dan Pengendalian, Edisi Kedelapan (terjemahan Arcella Ariwati Hermawan). Salemba Empat: Jakarta.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. PT Indeks Kelompok Gramedia: Jakarta.
Mowen, John C, Michael Minor, Dwi Kartini Yahya. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid 2. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Peter, J. Paul and Jerry C. Olson. 2010. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
Saladin, Djaslim. 2012 Manajemen Pemasaran. Edisi Keempat. Linda Karya: Bandung
Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4. Buku 1. Salemba Empat: Jakarta
Stanton, William J.2003. Prinsip Pemasaran (terjemahan). Edisi 7,jilid 1.Erlangga. Jakarta.
Sugiarto. 2013. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Persepsi Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen. Vol. 2. No.2
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta: Bandung
Swastha, Basu dan Irawan. 2013. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta.
Thomson. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsumen pada WarungUcok Durian Iskandar Muda Medan terhadap Keputusan Pembelian. FE USU.
Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Offset:Yogyakarta.
Verina, Eunike., Edy Yulianto dan Wasis A. Latif. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Toko Fashion di Jejaring Sosial Face Book. Jurnal Administrasi dan Bisnis. Vol. 10, No.1.
Widodo, Tri. 2016. Pengaruh Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Among Makarti. Vol. 9. No. 17.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Maria M Kaparang, Allen A. Ch. Manongko, Silvana S. A Oroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.