PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN DI ALFAMART TATAARAN II, MINAHASA

Authors

  • Maria M Kaparang Fekon Unima
  • Allen A. Ch. Manongko Universitas Negeri Manado
  • Silvana S. A Oroh Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.1645

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Persepsi harga, Keputusan pembelian

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamart Tataaran II Minahasa, pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamart Tataaran II Minahasa, pengaruh kualitas pelayanan, dan persepsi harga, terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamart Tataran II Minahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di Alfamart Tataaran II Minahasa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di alfamart tataaran II minahasa, terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi harga terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan dan persepsi harga secara bersama-samaterhadap keputusan pembelian. Sumbangan efektif variabel kualitas pelayanan sebesar 60,5% dan persepsi harga sebesar 60,3% terhadap keputusan pembelian pelanggan di Alfamart tataaran II minahasa.

References

Garatu, Timotius. 2013. Pengaruh Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Ramayana Motor Poso, Sulawesi Tengah. Jurnal Ekonomi. Vol. 13, No. 1. Haryanto. (2010). Pengertian Motivasi belajar

Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir. 2005. Etika Customer Service. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Iplementasi dan Pengendalian, Edisi Kedelapan (terjemahan Arcella Ariwati Hermawan). Salemba Empat: Jakarta.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. PT Indeks Kelompok Gramedia: Jakarta.

Mowen, John C, Michael Minor, Dwi Kartini Yahya. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid 2. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Peter, J. Paul and Jerry C. Olson. 2010. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Saladin, Djaslim. 2012 Manajemen Pemasaran. Edisi Keempat. Linda Karya: Bandung

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4. Buku 1. Salemba Empat: Jakarta

Stanton, William J.2003. Prinsip Pemasaran (terjemahan). Edisi 7,jilid 1.Erlangga. Jakarta.

Sugiarto. 2013. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Persepsi Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen. Vol. 2. No.2

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta: Bandung

Swastha, Basu dan Irawan. 2013. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta.

Thomson. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsumen pada WarungUcok Durian Iskandar Muda Medan terhadap Keputusan Pembelian. FE USU.

Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Offset:Yogyakarta.

Verina, Eunike., Edy Yulianto dan Wasis A. Latif. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Toko Fashion di Jejaring Sosial Face Book. Jurnal Administrasi dan Bisnis. Vol. 10, No.1.

Widodo, Tri. 2016. Pengaruh Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Among Makarti. Vol. 9. No. 17.

Additional Files

Published

2020-12-28

How to Cite

Kaparang, M. M., Manongko, A. A. C. ., & Oroh, S. S. A. . (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN DI ALFAMART TATAARAN II, MINAHASA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 260-278. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.1645

Issue

Section

Articles