PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGETAHUAN ANGGOTA TENTANG KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA CITRA KARYA ABADI DI KELURAHAN KOYA
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7068Keywords:
Service Quality, Knowledge, Participation and cooperativesAbstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu : Untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Partsipasi Anggota Koperasi Citra Karya Abadi, untuk mengetahui Pengetahuan Anggota Tentang Kopera Terhadap Partsipasi Anggota Koperasi Citra Karya Abadi, untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Anggota Tentang Koperasi Terhadap Partsipasi Anggota Koperasi Citra Karya Abadi. Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas pada bab empat maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi anggota. Artinya, jika kualitas pelayanan meningkat menjadi lebih baik maka partiasipasi anggota Koperasi Citra Karya Abadi Di Kelurahaan Koya akan menigkat menjadi lebih baik. Pengetahuan anggota tetang koperasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi anggota koperasi. Artinya, jika pengetahuan anggota tentang koperasi bertambah maka partiasipasi anggota Koperasi Citra Karya Abadi Di Kelurahaan Koya akan menigkat menjadi lebih baik. Kualitas pelayanan dan Pengetahuan anggota tetang koperasi berpengaruh bersama-sama secara positif dan signifikan terhadap partisipasi anggota koperasi. Artinya, jika kualitas pelayanan dan pengetahuan anggota tentang koperasi bertambah mejadi lebih baik secara bersamaan maka partiasipasi anggota Koperasi Citra Karya Abadi Di Kelurahaan Koya akan menigkat menjadi lebih baik.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Pengetahuan, Partisipasi dan koperasi
Abstract
The aims of this study are: To determine the effect of service quality on the participation of members of the Citra Karya Abadi cooperative, to determine the knowledge of members about cooperatives on the participation of members of the Citra Karya Abadi cooperative, to determine the influence of service quality and knowledge of members about cooperatives on the participation of members of the Citra Karya Abadi cooperative. . As for this study, researchers used quantitative research methods. Based on the research results that have been discussed in chapter four, it can be concluded as follows: Service quality has a positive and significant effect on member participation. That is, if the quality of service improves for the better, the participation of members of the Citra Karya Abadi Cooperative in Koya Village will increase for the better. Knowledge of cooperative members has a positive and significant effect on the participation of cooperative members. That is, if members' knowledge about cooperatives increases, the participation of members of the Citra Karya Abadi Cooperative in Koya Village will increase for the better. Quality of service and knowledge of cooperative members have a positive and significant impact on the participation of cooperative members. That is, if the quality of service and knowledge of members about cooperatives increases to be better simultaneously, the participation of members of the Citra Karya Abadi Cooperative in Koya Village will increase to be better.
Keywords: Service Quality, Knowledge, Participation and cooperatives
References
Dimensi Kualitas Pelayanan (SERVQUAL) oleh Parasuraman (1998) dibagi menjadi lima dimensi SERVQUAL diantaranya adalah (Lupiyoadi, 2001:148):
Hendar dan kusnadi. 2010. Ekonomi Koperasi, Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Kartasapoetra dkk, 2001. Koperasi indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945. (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Revrisond Baswir, 2000, Koperasi Indonesia, BPFE, Yogyakarta
Sitio dan Tamba, 2001. Koperasi: Teori dan Praktik . Jakarta : Erlangga
Sudarsono dan Edilius, Kamus Ekonomi: Uang & Bank, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2007, Hal 74 A Study of Elasticity of Demand And Supply of Indonesian Fisheries. Jurnal: Tropical Ecology and Development 1980
Sugiyono. Metode Penelitian pengembangan (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2013.
Tjiptono Fandy, 2008, Strategi Pemasaran edisi ketiga, Andi Offset, Yogyakarta
Wening Patmi Rahayu dalam Jurnal Ekonomi dan Manajemen, volume 6 Nomor 3, Oktober 2005 Pengaruh partisipasi anggota tehadap keberhasilan koperasi KPRI Harum Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan
Regina Pongilatan, Vol. 1 No. 2 (2020): Desember Pengaruh Kinerja Pengurus Dan Motivasi Anggota Terhadap Perkembangan Koperasi Simpan Pinjam Mekar Jaya Tondano
Herman Dolonseda, Vol.3 No.2 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Partisipasi Anggota Terhadap Kinerja Pengurus Koperasi Kud Bukti Kuma Kecamatan Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe
Zulfikri Mamonto Vol 2 No.2 2021, Pengaruh Partisipasi Siswa Dan Pelayanan Terhadap Keberhasilan Koperasi Sekolah Di Mts N 1 Boltim
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Oleh : Rian F. Kumayas 1, Johny Tarore 2, Niny Makaliwe 2
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.