ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU EKONOMI DI SMA NEGERI 1 TOMPASO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1882Keywords:
Analisis, Kompetensi PedagogikAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi dan kejelasan serta kebenaran tentang kompetensi pedagogik guru bidang studi ekonomi di SMA Negeri 1 Tompaso . Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengampuh mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tompaso, sedangkan objeknya analisis kompetensi pedagogik guru ekonomi di SMA Negeri 1 Tompaso. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan informan tambahan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tompaso, guru bidang studi ekonomi sudah mampu menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi dan menggunakan media pembelajaran. data hasil observasi tentang analisis kompetensi pedagogik guru bidang studi ekonomi pada SMA Negeri 1 Tompaso dengan menggunakan format IPKG (Instrumen penilaian kinerja Guru) 1 dan 2 Hasil analisis data menunjukkan untuk aspek merancang pembelajaran guru mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS memperoleh rata-rata skor sebesar 3,4 yang dikategorikan baik sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa guru mata pelajaran ekonomi telah mampu merancang pembelajaran dengan baik. Sedangkan pada aspek melaksanakan pembelajaran guru mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS dapat dikatakan baik sekali karena rata-rata skor yang diperoleh sebesar 3,6 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa guru mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS telah mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik sekali
References
Agus Wibowo, dkk, menjadi guru berkarakter, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.
Nawawi (2007), Metode menggambarkan/ melukiskan keadaan subyek/obyek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak, atau sebagaimana adanya.
Peraturan Menteri No. 16 (2007), Standar Kualifikasi Akademik, Kompetensi Guru.
Sugiyono (2012: 29), Metode mendeskripsikan, memberi gambaran objek diteliti melalui data, sampel.
UU No. 14 (2005), ilmu pengetahuan, keahlian seorang tenaga pendidik menjalankan tugas tenaga pofesional.
UU No. 14 (2005), Pembelajaran kurikulum guru, dosen.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Anggreiny S. Pantow, Allen Ch. Manongko, Jetty Lempas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.