ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU EKONOMI DI SMA NEGERI 1 TOMPASO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1882Keywords:
Analisis, Kompetensi PedagogikAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi dan kejelasan serta kebenaran tentang kompetensi pedagogik guru bidang studi ekonomi di SMA Negeri 1 Tompaso Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengampuh mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tompaso sedangkan objeknya analisis kompetensi pedagogik guru ekonomi di SMA Negeri 1 Tompaso Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan informan tambahan kepala sekolah wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan siswa Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nbsp; metode deskriptif kualitatif Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tompaso guru bidang nbsp; studi ekonomi sudah mampu menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi dan menggunakan media pembelajaran data hasil observasi tentang analisis kompetensi pedagogik guru bidang studi ekonomi pada SMA Negeri 1 Tompaso dengan menggunakan format IPKG Instrumen penilaian kinerja Guru 1 dan 2 Hasil analisis data menunjukkan untuk aspek merancang pembelajaran guru mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS memperoleh rata rata skor sebesar 3 4 yang dikategorikan baik sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa guru mata pelajaran ekonomi telah nbsp; mampu merancang pembelajaran dengan baik Sedangkan pada aspek melaksanakan pembelajaran guru mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS dapat dikatakan baik sekali karena rata rata skor yang diperoleh sebesar 3 6 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa guru mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS telah mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik sekali< p>
References
Agus Wibowo dkk menjadi guru berkarakter Yogyakarta: Pustaka Belajar 2012
Nawawi 2007 Metode menggambarkan melukiskan keadaan subyek obyek penelitian berdasarkan fakta fakta yang tampak atau sebagaimana adanya
Peraturan Menteri No 16 2007 Standar Kualifikasi Akademik Kompetensi Guru
Sugiyono 2012: 29 Metode mendeskripsikan memberi gambaran objek diteliti melalui data sampel
UU No 14 2005 ilmu pengetahuan keahlian seorang tenaga pendidik menjalankan tugas tenaga pofesional
UU No 14 2005 Pembelajaran kurikulum guru dosen

ÂÂÂÂÂ