PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK MINAT MAHASISWA BERWIRAUSAHA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI SEMESTER VIII UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Authors

  • Mirna Adhytia Ariskamawati Ningsih Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Mohamad Gufron Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Iwan Kandori UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3164

Keywords:

Entrepreneurship, Courses, Student Interests

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Dalam Membentuk Minat Mahasiswa Berwirausaha Prodi Pendidikan Ekonomi Semester VIII dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data dan pengumpulan data.Penelitian ini diharapkan dapat memberikan refrensi serta kajian untuk menilai kontribusi mata kuliah kewirausahaan dalam menumbuhkan minat berwirausaha dan dapat digunakan untuk melengkapi kajian teoritis yang berkaitan dengan Mata Kuliah Kewirausahaan dan Minat Mahasiswa Berwirausaha.untuk mengambil data dalam penelitian ini terlebih dahulu dilakukan uji coba terhadap instrument soal angket kepada 66 mahasiswa.Perhitungan validitas dari bantuan SPSS pada item soal angket mata kuliah dapat dilihat dari seluruh item soal yang rhitung rtabel dengan α 5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa seluruh item soal dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai instrumen angket untuk mencari data untuk penelitian dijelaskan bahwa uji t pada variabel mata kuliah kewirausahaan dan variabel minat mahasiswa berwirausaha memiliki nilai sig t alpha yaitu sebesar 0,000>0,05 dan thitung ttabel yaitu sebesar 7,814>1,999, Apabila thitung ttabel, maka nilai hipotesis nol (H0) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan dari hasil kedua variabel diatas bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Mata Kuliah Kewirausahaan (X) , Minat Mahasiswa Berwirausaha (Y).

Kata Kunci : Berwirausaha, Mata Kuliah, Minat Mahasiswa

 

Abstract This study aims to determine whether there is an influence of entrepreneurship courses in shaping the interest of students in entrepreneurship education in Semester VIII in this study using quantitative methods with data analysis and data collection. entrepreneurship and can be used to complete theoretical studies related to Entrepreneurship Courses and Student Interests in Entrepreneurship. To collect data in this study, a pilot test was conducted on the questionnaire question instrument to 66 students. The calculation of the validity of SPSS assistance on the subject questionnaire items can seen from all the item questions that are rcounted by rtable with 5%. So it can be concluded that all items are declared valid and can be used as a questionnaire instrument to find data for research. It is explained that the t-test on the entrepreneurship course variable and the variable interest in entrepreneurship students has a sig t alpha value of 0.000> 0.05 and tcount ttable, namely of 7.814> 1.999, if tcount ttable, then the value of the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. Thus it can be concluded from the results of the two variables above that there is a significant influence between Entrepreneurship Courses (X) ,  Entrepreneurship Student Interests (Y).

Keywords : Entrepreneurship, Courses, Student Interests

References

Aban, N., & Tanusi, G. (2020). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Flores. Analisis, 19(1), 76–84. https://doi.org/10.37478/analisis.v19i1.325

Arikunto, P. D. S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Keempatbel). PT RINEKA CIPTA.

Hanum, A. N. (2015). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha. Jurnal Unimus, 1–13.

Hartoyo, H., & Wahyuni, W. (2020). Pengaruh Karakter Wirausaha Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Di STKIP Bima. Eklektik: Jurnal Pendidikan …, 3(1), 54–67. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK/article/view/10097

Lewandowski, C. M. (2015). Wirausaha. The Effects of Brief Mindfulness Intervention on Acute Pain Experience: An Examination of Individual Difference, 1(01), 1–17. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nurikasari, F. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, kreativitas, dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi universitas kanjuruhan Malang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1, 1–10. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1394%0A

S, S. (2018). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Pengantar Bisnis Terhadap Motivasi Dan Minat Wirausaha (Study Kasus Mahasiswa Akademi Akuntansi Pgri Jember). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 98. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1755

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). ALFABETA, CV.

Additional Files

Published

2021-12-28

How to Cite

Ariskamawati Ningsih , M. A. ., Gufron, M. ., & Kandori, I. (2021). PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK MINAT MAHASISWA BERWIRAUSAHA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI SEMESTER VIII UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2020/2021. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 303-311. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3164

Issue

Section

Articles