Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Partisipasi Anggota Terhadap Kinerja Pengurus Koperasi Kud Bukti Kuma Kecamatan Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5281Keywords:
Service Quality, Member Participation, Performance.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Pengurus KUD Bukti Kuma Kecamatan Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe, (2) untuk mengetahui pengaruh Partisipasi Anggota terhadap Kinerja Pengurus KUD Bukti Kuma Kecamatan Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe, (3) untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Partisipasi Anggota secara bersama - sama terhadap Kinerja Pengurus KUD Bukti Kuma Kecamatan Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian survey, dimana instrumen penelitian adalah kuesioner yang telah diujicobakan serta memenuhi syarat uji validitas dan reabilitas. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi, korelasi sederhana dan berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota koperasi yang ada di KUD Bukti Kuma Kecamatan Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Akan tetapi yang menjadi populasi sasaran dalam penelitian ini yaitu, anggota koperasi yang berada di desa Bungalawang sebanyak 63 anggota. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dengan taraf 5% dengan jumlah sampel sebanyak 55 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Pengurus KUD Bukti Kuma Kecamatan Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe. (2) terdapat pengaruh Partisipasi Anggota terhadap Kinerja Pengurus KUD Bukti Kuma Kecamatan Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe. (3) terdapat pengaruh antara Kualitas Pelayanan dan Partisipasi Anggota secara bersama - sama terhadap Kinerja Pengurus KUD Bukti Kuma Kecamatan Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Partisipasi Anggota, Kinerja.
ABSTRACT
This study aims (1) to determine the effect of service quality on the performance of the KUD Evidence Kuma Management, Tabukan Tengah District, Sangihe Islands Regency, (2) to determine the effect of Member Participation on the Performance of the KUD Evidence Kuma Management Unit, Tabukan Tengah District, Sangihe Islands Regency, (3) to determine The influence of Service Quality and Member Participation together on the Performance of KUD Evidence Kuma Management, Tabukan Tengah District, Sangihe Islands Regency.
The method in this study uses a survey research method, where the research instrument is a questionnaire that has been tested and meets the requirements of validity and reliability tests. Data were analyzed using regression analysis, simple and multiple correlations. The population in this study were all members of the cooperative in KUD Evidence Kuma, Tabukan Tengah District, Sangihe Islands Regency. However, the target population in this study is the 63 members of the cooperative in Bungalawang village. The sampling technique used was random sampling with a level of 5% with a total sample of 55 people.
The results of the study indicate that: (1) there is an effect of Service Quality on the Performance of KUD Evidence Kuma Management, Tabukan Tengah District, Sangihe Islands Regency. (2) there is an effect of Member Participation on the Performance of KUD Evidence Kuma Sub-district, Tabukan Tengah District, Sangihe Islands Regency. (3) there is an influence between Service Quality and Member Participation together on the Performance of the KUD Evidence Kuma Management, Tabukan Tengah District, Sangihe Islands Regency.
Keywords: Service Quality, Member Participation, Performance.
References
Armstrong, Kotler. 2016. Marketing An Introduction, Edisi 13. USA: Perason Education.
Bambang Riyanto. 2014. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi. Keempat, Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: BPFE.
Batinggi, A dan Badu Ahmad. 2013. Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta: Andi Offset.
Busro, Muhammad. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadameidia Group.
Duha, T. 2018 . Perilaku organisasi . Yogyakarta : Deepublish
Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT. Rajagrafindo Persada
Nugroho, Novianto Eko dan Asmara Indahingwati. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya : PT Scopindo Media Pustaka.
Rangkuti, F. 2017. Customer Care Excellence Meningkatkan Kinerja Perusahaan Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rosmaini, Hasrudy Tanjung. 2019. Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Maneggio, Jurnal Ilmiah Magister Manajemen homepage: Vol 2, No. 1, 1-15.
Tjiptono. 2016. Pemasaran Jasa (Prinsip Penerapan dan Penelitian). Yogyakarta: Andi.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Herman Philips Dolonseda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.