PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI KONSUMEN BM JH
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i1.3163Keywords:
Service Quality, Member LoyaltyAbstract
Abstrak
Aisyi, Rohadatul. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi BM JH. Skripsi, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Bhineka PGRI. Pembimbing Tutut Suryaningsih, S.T, M.M.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota koperasi BM JH. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket berupa angket. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi sederhana dan uji t. Pembuatannya menggunakan pendekatan kuantitatif.
Hasil Penelitian Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diolah, dan dianalisis, dari hasil uji t diketahui bahwa nilai (thitung) 4,054 > 1,6770 (ttabel) dengan nilai signifikan 0,000 < nilai probabilitas 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh positif signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota koperasi BM JH.
Kata Kunci: Kualitas Layanan dan Loyalitas Anggota
ABSTRACT
Aisyi, Rohadatul. 2021. Effect of Service Quality on Loyalty of BM JH Cooperative Members. Thesis, Economic Education, Faculty of Social and Humanities, University of Bhineka PGRI. Advisor Tutut Suryaningsih, S.T, M.M.
This study aims to determine the effect of service quality on the loyalty of members of the BM JH cooperative. The data collection method used is a questionnaire method in the form of a questionnaire. The analytical method used is validity test, reliability test, classical assumption test, simple regression analysis test and t test. The preparation uses a quantitative approach.
Research results Based on the results of data analysis that has been carried out, processed, and analyzed, the results of the t test are known that the value (tcount) 4.054 > 1.6770 (ttable) with a significant value of 0.000 < probability value of 0.05, then Ha is accepted and Ho is rejected. so it can be concluded that "There is a significant positive effect on service quality on the loyalty of members of the BM JH cooperative.
Keywords: Service Quality and Member Loyalty
References
Andini, N., & Iskandar, I. (2015). Koperasi Pengayoman Pegawai Departemen Kehakiman ( Kppdk ) Republik Indonesia. Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST).
Anisa, P. W. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan motivasi anggota terhadap loyalitas anggota di koperasi simpan pinjam (KSP) Setia Kawan.
Arifin, S. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota BMT Walisongo Papandaya Semarang Tahun 2015.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Eliyawati, W., Sutjipta, N., & Putra, I. G. S. A. (2016). Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Anggota Koperasi Unit Desa Suraberata Kecamatan Selemadeg Barat. Kualitas Pelayanan Dan Tingkat Kepuasan Anggota Koperasi Unit Desa Suraberata Kecamatan Selemadeg Barat.
Irnandha, A. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Jalur Darat.
Maulidiya, M. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan anggota terhadap loyalitas anggota melalui kepuasan anggota sebagai variabel intervening di bmt hudatama semarang.
Prayogo, W. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Perceived Value Terhadap Loyalitas Dengan Mediasi Kepuasan Konsumen Pada Pelanggan T-Cash Telkomsel Branch Purwokerto.
Riduwan. (2010). Dasar-Dasar Statiska. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Sutopo (ed.); ke 2). Alfabeta.
Suri, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Anggota, Citra Lembaga dan Tingkat Margin Terhadap Loyalitas Anggota Pembiayaan Murabahah di KSPPS Baitul Izza Sejahtera Serut Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung. Journal of Chemical Information and Modeling.
suwandi, sularso andi, suroso imam. (2015). pengaruh kualitas layanan,harga dan citra merek terhadap kepuasan dan loyalitaa pelanggan pos ekspres di kantor pos bondowoso dan situbondo.
Wafiroh Ni’matul. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Model Multilevel Marketing Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Konsultan PT Orindo Alam Ayu (Oriflame) di Ponorogo.
Yasin, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Koperasi Terhadap Loyalitas Anggota Baitul Maal Wat Tamwil Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Moderasi.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Rohadatul Aisyi, Tutut Suryaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.