PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7056Keywords:
Management Managerial Ability, Service Quality, Satisfaction Cooperative MembersAbstract
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kemampuan manajerial pengurus dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota koperasi simpan pinjam sepakat didesa kotobangon, Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah pegawai dan nasabah yang datang di koperasi simpan pinjam yang berjumlah 37 orang nasabah, Hasil analisis yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan Terdapat Pengaruh Kemampuan Manajerial Pengurus dan Kualitas Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi. Hal ini dapat memberikan Implikasi. Bahwa dengan adanya peningkatan Pengaruh Kemampuan Manajerial Pengurus dan Kualitas Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi.
Kata Kunci : Kemampuan Manajerial Pengurus, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota Koperasi
Abstract
The aim of this study was to find out whether there is an influence between the management's managerial ability and the quality of service on the satisfaction of members of the cooperative savings and loan agreement in the village of Kotobangon. The research method in this study used a quantitative approach. The population and sample of this study were employees and customers who came to the savings and loan cooperative, totaling 37 customers. From the results of the analysis carried out, it can be concluded that there is an influence of managerial ability and quality on the satisfaction of cooperative members. This can give Implications. That with an increase in the Effect of Managerial Managerial Ability and Quality on Satisfaction of Cooperative Members.
Keywords: Managemen Managerial ability, Service Quality, Satisfaction Cooperative, Members
References
Ayu, G., Nia, M., Ningsih, C., Gede, I. D., Sedana, P., & Suryawan, D. K. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Anggota Atas Pelayanan Koperasi Simpan Pinjam Cakra Mandiri Di Kabupaten Tabanan. 10(2), 94–103
Basuki, K. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Anggota Kpdk Simpan Pinjam Kementerian Koperasi Dan Ukm Tesis. Issn 2502-3632 (Online) Issn 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699.
Budi Utomo, B. (2018). Analisis Kemampuan Manajerial Pengurus Dalam Mempromosikan Ekonomi Anggota. Pendidikan Ekonomi Fkip Untan Pontianak Email: Murlita_Yuni@Yahoo.Co.Id.
Diana, F. (2018a). Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan Anggota Pada Koperasi Bmt Bina Insan Sejahtera ( Bis ). Pendidikan Ekonomi Jurusan Pips Fkip Universitas Jambi.
Diana, F. (2018b). Pengaruh Kemampuan Manajerial Pengurus Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan Anggota Pada Koperasi Bmt Bina Insan Sejahtera (Bis) Kota Jambi. Pendidikan Ekonomi Jurusan Pips Fkip Universitas Jambi.
Fauziyyah, F. R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (Kspps) Bmt Dana Li Mardhatillah (Damar) Semarang Terhadap Tingkat Kepuasan Anggota. 1–26.
Gea, J. (2019). Hubungan Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam Di Kantor Ksp3 Desa Banuagea Kecamatan …. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Pembnas …, 16–21.
Hikmah, N., Triana M., N., & Samsuddin. (2019). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Anggota Meminjam Pada Koperasi Mekar Kecamatan Tebas. Jurnal Produktivitas, 6(6), 34–38.
Husni, K. (2018). Kualitas Pelayanan Sdm Mempengaruhi Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Jembatan Kasih Kp Tanjung Uncang Di Kota Batam. Pengaruh Bauran Pemasaran Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Pt. Bank Nagari Cabang Siteba Padang, 1, 28–34.
Maghfiroh, S. (2016). Pengaruh Kepuasan, Antusiasme, Dan Switching Barrier Terhadap Loyalitas Anggota Pada Koperasi Serba Usaha. Economic Education Analysis Journal Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Eeaj, 2(1), 18–23.
Niken Kusdayanti. (2016). Pengaruh Citra Koperasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia Setia Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. In Revista Cenic. Ciencias Biológicas (Vol. 152, Issue 3).
Pratama, L., Hubeis, A. V. S., & Pandjaitan, N. H. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Anggota Dan Strategi Pengembangan Koperasi (Studi Kasus Koperasi Kredit Sehati Jakarta). Manajemen Ikm: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(1), 104. Https://Doi.Org/10.29244/Mikm.12.1.104-115
Purwanti, E. (2016). Pengaruh Faktor-Faktor Kemampuan Manajerial, Lingkungan Eksternal Dan Organisasi Terhadap Kinerja Finansial Koperasi Simpan Pinjam Di Salatiga. 1(2), 13–24.
Septia Mahareni. (2016). Pengaruh Kemampuan Manajerial Pengurus Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia (Kpri) Fajar Baru Kecamatan Sukorejo. Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Shinta Triwani, Zulfadil, S. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perkoperasian, Kemampuan Manajerial, Dan Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Partisipasi Anggota Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Koperasi Koperasi Karyawan Di Kota Pekanbaru. Xii(1), 187–202.
Sucipto, A., Sugiarto, M., Muatip, K., Djamiko, O. E., & Aunurrohman, H. (2018). Prosiding Seminar Teknologi Dan Agribisnis Peternakan Vi: Pengembangan Sumber Daya Genetik Ternak Lokal Menuju Swasembada Pangan Hewani Asuh, Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedriman, 7 Juli 2018. Prosiding Seminar Teknologi Dan Agribisnis Peternakan Vi, 2010, 297–301.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Olivia F. Loginsi¹, Iwan Kandori², Devyano V. F Ranti³
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.