PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Ekawati Ningsih PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Agnes Rooroh PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Ferry Slat PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jhony Taroreh UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8673

Keywords:

Learning Activities, Cooperative Model of Exchange Techniques

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan IPS diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPS diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan aktivitas belajar dengan Menggunakan Model Kooperatif Teknik Bertukar Pasangan Siswa Kelas X  Mata Pelajaran Ekonomi.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi.

Penggunaan  Model  Kooperatif  Teknik Bertukar  Pasangan mampu  meningkatkan aktivitas  belajar  siswa  pada  pembelajaran  Ekonomi Kelas X SMAIT Harapan Bunda Manado  yaitu pada siklus 1 sebesar 61,77 %, pada  siklus  2  mengalami  peningkatan  sebesar 20,89  %  menjadi 82,66  %. 

Penggunaan  Model  Kooperatif  Teknik Bertukar  Pasangan mampu  meningkatkan kinerja  guru pada  pembelajaran  Ekonomi Kelas X SMAIT Harapan Bunda Manado  yaitu  pada  siklus  1  nilai  rata-rata  kinerja  guru melaksanakan pembelajaran sebesar 3,39 dengan  kategori baik dan pada siklus 2 nilai  rata-rata  mengalami  peningkatan  sebesar  8.75%  menjadi 3,74  dengan kategori baik sekali.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Model Kooperatif Teknik Bertukar

 

 

ABSTRACT

It is hoped that social studies education can become a vehicle for students to learn about themselves and the natural world around them, as well as prospects for further development in applying it in everyday life. The learning process emphasizes providing direct experience to develop competencies to explore and understand the natural surroundings scientifically. Social studies education is directed at inquiry and action so that it can help students gain a deeper understanding of the natural environment.

The aim of this research is to increase learning activities by using a cooperative model of pair swapping techniques for Class X students in economics subjects.

The method used in this research is Action Research which consists of 2 (two) cycles, and each cycle consists of: Planning, Implementation, Observation and reflection.

The use of the Cooperative Model of Partner Swapping Techniques was able to increase student learning activity in Class

The use of the Cooperative Model of Partner Swapping Techniques is able to improve teacher performance in Class % to 3.74 in the very good category.

Keywords: Learning Activities, Cooperative Model of Exchange Techniques

References

Anton Mulyono. (2011). Aktivitas Belajar. (Online). (http:/id.shvoong.com/social-sciences/1961162-aktifitas-belajar, diakses 3 September 2022).

Aunurrahman. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

BSNP. (2016). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Hadari Nawawi. (2015). Metode Penelitian Ilmu Alam. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Hidayati dkk. (2019). Pengembangan Pendidikan IPS SMP. Jakarta: Depdiknas

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

M Nasution dan J Mursel. (2015). Mengajar Dengan Sukses (Succesful Teaching). Jakarta: Bumi Aksura.

Noor Latifah. (2018). Hakekat Aktivitas Siswa. (Online). (Noor Latifah.http://latifah-04.wordpress.com, diakses 3 September 2022).

Sardiman. (2020). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardjiyo dkk. (2017). Pembelajaran IPS di SMP. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto dkk. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Ningsih, E., Rooroh, A., Slat, F. ., & Taroreh, J. (2025). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 1–14. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8673