PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI MOLINGNGONGOT KANAAN

Authors

  • Devita Mariana Langi Universitas Negeri Manado
  • Joulanda A. M. Rawis Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil Belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri Molingongot Kanaan dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Molingongot Kanaan yang berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan presentase hasil belajar yang di peroleh dari siklus I adalah 73,75 % maka di perlukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II mencapai 85,4 % itu artinya hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan dan telah m,encapai standar ketuntasan secara klasikal. Oleh karena itu di simpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningktakan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Molingongot Kanaan

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Langi, D. M. ., Rawis, J. A. M., & Tuerah , R. M. S. . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI MOLINGNGONGOT KANAAN. Bloom Journal, 1(3), 66-73. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11369

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>