PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI MOLINGNGONGOT KANAAN
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil Belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri Molingongot Kanaan dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Molingongot Kanaan yang berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan presentase hasil belajar yang di peroleh dari siklus I adalah 73,75 % maka di perlukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II mencapai 85,4 % itu artinya hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan dan telah m,encapai standar ketuntasan secara klasikal. Oleh karena itu di simpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningktakan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Molingongot Kanaan
