PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DI KELAS V SD NEGERI 2. TATAARAN
Keywords:
Model Pembelajaran Problem Based Learnig, Hasil BelajarAbstract
Tujuan Penelitian ini untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V SD Negeri 2. Tataaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian tindakan Kelas oleh Kemmis dan Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu : (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi yang dilakukan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase KB = x100 %, Hasil penelitian pada siklus I = 64.11 % dan siklus II 90.29 %. Dari hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn dan membantu siswa lebih aktif, khususnya siswa kelas V SD Negeri 2. Tataaran.
