PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DI KELAS V SD NEGERI 2. TATAARAN

Authors

  • Sroyer Naomi Heti Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Yulmi H. Mottoh Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learnig, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V SD Negeri 2. Tataaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian tindakan Kelas oleh Kemmis dan Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu : (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi yang dilakukan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase KB =  x100 %, Hasil penelitian pada siklus I = 64.11 % dan siklus II 90.29 %. Dari hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn dan membantu siswa lebih aktif, khususnya siswa kelas V SD Negeri 2. Tataaran.

Downloads

Published

2024-11-05

How to Cite

Heti, S. N. ., Tuerah, R. M. S. ., & Mottoh, Y. H. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DI KELAS V SD NEGERI 2. TATAARAN. Bloom Journal, 1(3), 139-145. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11399

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>