PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 25 MANADO

Authors

  • Sandrina D. L. Pangau Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Maxie A. J. Liando Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem Based Learning, Praktikum, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis pengaruh Problem Based Learning berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya kelas V SD Negeri 25 Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan model eksperimen Pretest-Posttes Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terbagi menjadi kelas A dan kelas B. Dengan kelas eksperimen (5A) berjumlah 28 siswa dan kelas kontrol (5B) berjumlah 31 siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji-t. Diperoleh hasil pre-test kelas eksperimen adalah 53,64 dan kelas kontrol adalah 53,88. Setelah diberikan perlakuan, pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar (post-test) kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning berbasis praktikum adalah 86,32 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan adalah 79,92. Berdasarkan uji-t pada hasil post-test kelas eksperimen diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < taraf signifikansi yaitu 0,030 < 0,05, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dengan diterimanya hipotesis alternatif (Ha), artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model Problem Based Learning berbasis praktikum terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 25 Manado.

Downloads

Published

2024-11-13

How to Cite

Pangau , S. D. L. ., Tuerah, R. M. S. ., & Liando, M. A. J. . (2024). PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 25 MANADO. Bloom Journal, 1(3), 185-192. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11404

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>