PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN BINTAU
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL). Data tentang kegiatan dikelas diperoleh dari pengamatan guru dalam mengolah pembelajara, dan tes hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik analisis data mengunakan tes dan lemar observasi. Data yang diperoleh diolah dan mengunakan teknik analisis dengn kriteria ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Analisis data guna mengetahui hasil belajar siswa, apakah sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar atau tidak. Penelitian mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Peneliti dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN BINTAU. Subjek pada penelitian ini siswa kelas IV SDN Bintau yang berjumlah 13 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembeajaran problrm base learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS di peroleh hasil capaian pada siklus I 63, 07 % dan capaian pada siklus II 86,92 %. Berdasarkan hasil analisis data capaian pada siklus I dan II ternyata mengalami peningkatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Bintau.