PENGARUH BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10977Keywords:
Education Costs, Learning OutcomesAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Biaya Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X2 di SMA Negeri 7 Manado Tahun Ajaran 2023/2024, yang berjumlah 28 orang siswa. Jumlah siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh populasi dengan jumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif (deskriptif statistic) digunakan untuk mendeskripsikan variabel biaya pendidikan dan variabel hasil belajar, regresi linear sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, analisis korelasi product moment digunakan untuk mengetahui tingkat hubungan variabel penelitian, koefisien determinasi digunakan untuk mengetahui sumbangan variabel indevenden terhadap variabel devenden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima, biaya pendidikan berpengaruh sebesar 47% terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Biaya Pendidikan dan Hasil Belajar
ABSTRAK
This study aims to determine the Effect of Education Costs on the Learning Outcomes of Class X Students at SMA Negeri 7 Manado. This study is a quantitative study. The population in this study were all class X2 students at SMA Negeri 7 Manado in the 2023/2024 Academic Year, totaling 28 students. The number of students sampled in this study was the entire population with a total of 28 students. The data collection techniques used were questionnaires, observation and documentation. The data analysis technique used was a quantitative descriptive analysis technique (descriptive statistics) which was used to describe the variables of education costs and learning outcome variables, simple linear regression was used to determine the effect of independent variables on dependent variables, product moment correlation analysis was used to determine the level of relationship between research variables, the coefficient of determination was used to determine the contribution of independent variables to dependent variables. The results of this study indicate that the hypothesis is accepted, education costs have a 47% effect on student learning outcomes.
Keywords: Education Costs and Learning Outcomes
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fattah, Nanang. 2006. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Kandori, I., Wuryaningrat, N. F. ., & Walangitan, C. (2022). PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN STUDI KASUS PADA SISWA SMK N 1 TENGA KECAMATAN TENGA KABUPATEN MINAHASA SELATAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 59-69. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.3935
Muhibbinsyah. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prasetyo, I. E. ., Taroreh, J. ., & Kawulur, A. . (2023). PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KAWANGKOAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 270-278. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7582
Taroreh, J., Kandori, I., & Manaese, R. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 MODOINDING. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 135-148. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7067
Supriadi, Dedi. 2006. Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suhardan, Dadang dkk. 2012. Ekonomi dan Pembiayaan pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sutikno, Sobri. 2013. Belajar dan Pembelajaran: Upaya Kreatif Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Berhasil. Lombok: Holistika.
Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar: Dua Aspek Dari Suatu Proses Yang Disebut Pendidikan. Badan Penerbit UNM, Makassar.
Siregar, Syopian. 2012. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan r&d). Bandung: Alfabeta.
Rahmatang. 2014. Pengaruh Pembiayaan Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Barru. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, Makassar.
Sawat, N., Pongoh, S. ., & Tiwow, G. M. (2021). PENGARUH FASILITAS BELAJAR MENGAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 AMURANG BARAT. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 81-95. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1733
Sudarmanto. 2009. Pengaruh Pembiayaan Pendidikan Terhadap Kualitas Pelaksanaan Pembelajaran dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Ekonomi di Bandar Lampung. Tesis. Universitas Negeri Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eudia J. Runtu 1 *, Johny Tarore 2, Silvana Oroh, Gilly Tiwow 3
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.