IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 4 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.11000Keywords:
Implementation of the Independent Curriculum, social studies subjectsAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Tujuan daripada Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 4 Tondano Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan disekolah SMP Negeri 4 Tondano implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran IPS didapati 1 Perencanaan pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar adalah guru menyiapkan modul ajar sebelum melakukan pembelajaran 2 Pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar adalah menggunakan kurikulum jalur mandiri berubah dengan menggunakan pembelajaran P5 3 Strategi yang digunakan dalam pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar adalah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi 4 Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaraan IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar adalah dengan memberikan soal jawab yang mudah dipahami oleh siswa < p>
Kata Kunci< strong>: Implementasi Kurikulum Merdeka mata pelajaran IPS< p>
nbsp;< p>
ABSTRACT< strong>< p>
The purpose of this study was to determine how the implementation of the Independent Learning Curriculum in Social Studies subjects at SMP Negeri 4 Tondano This study uses a qualitative research method with a descriptive approach Data collection techniques were carried out by means of observation interviews and documentation The results of this study indicate that at SMP Negeri 4 Tondano the implementation of the independent learning curriculum in social studies subjects was found 1 Social studies learning planning using the Independent Learning Curriculum is that teachers prepare teaching modules before conducting learning 2 The implementation of social studies learning using the Independent Learning Curriculum is using a changed independent path curriculum using P5 learning 3 The strategy used in social studies learning using the Independent Learning Curriculum is to use differentiated learning 4 The evaluation used in social studies learning using the Independent Learning Curriculum is to provide questions and answers that are easy for students to understand < p>
Keywords:< strong> Implementation of the Independent Curriculum social studies subjects< p>
References
Alfirdha A 2023 Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di
Barkah A I 2022 Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2022 2023 Pendidikan 1 2022
Fauzan M A Arifin F 2022 Desain Kurikulum Dan Pembelajaran Abad 21 Prenada Media
Gustavisiana T S 2023 Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar
Innovative: Journal Of Social Science Research 3 2 2322 2336 Iskandar S Rosmana P S Farhatunnisa G Mayanti I Apriliya M
Nabilah M Sitompul S S Hamdani H 2020 Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum Dan Impuls Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika
Rahasia T R Z Lumapow H R Sengkey M M 2024 HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN SUBJECTIVE WELL BEING PADA MAHASISWA PSIKOLOGI YANG MENGIKUTI PROGRAM MBKM MANDIRI PSIKOPEDIA 5 2 57 66 https: doi org 10 53682 pj v5i2 9095
Ruwaida H 2019 Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi: Analisis Kemampuan Mencipta C6 Pada Pembelajaran Fikih Di Mi Miftahul Anwar Desa Banua Lawas Al Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4 1 51 76 SMP N 1 Sekayu Musi Banyuasin Bachelor s Thesis Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Sulkipli N A 2023 Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada SMP Negeri 1 Makassar Doctoral Dissertation Universitas Bosowa
Virgin Mashudi V R Manongko A C Kandori I 2024 Implementasi Program Pertukaran Mahasiswa Kampus Merdeka Studi Pada Mahasiswa Peserta Pertukaran Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Manado Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 5 1 1 14
Nesimnasi F N Tiwa T M Naharia M 2024 STRESS AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MANADO YANG MENGIKUTI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA MBKM TAHUN 2020 PSIKOPEDIA 5 3 263 270 https: doi org 10 53682 pj v5i3 9553
Zaini N 2023 Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Cendekia: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam

ÂÂÂÂÂ