IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 4 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.11000Keywords:
Implementation of the Independent Curriculum, social studies subjectsAbstract
ABSTRAK
Tujuan daripada Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 4 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan disekolah SMP Negeri 4 Tondano implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran IPS didapati (1) Perencanaan pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar adalah guru menyiapkan modul ajar sebelum melakukan pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar adalah menggunakan kurikulum jalur mandiri berubah dengan menggunakan pembelajaran P5. (3) Strategi yang digunakan dalam pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar adalah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. (4) Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaraan IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar adalah dengan memberikan soal jawab yang mudah dipahami oleh siswa.
Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka, mata pelajaran IPS
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine how the implementation of the Independent Learning Curriculum in Social Studies subjects at SMP Negeri 4 Tondano. This study uses a qualitative research method with a descriptive approach. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that at SMP Negeri 4 Tondano, the implementation of the independent learning curriculum in social studies subjects was found (1) Social studies learning planning using the Independent Learning Curriculum is that teachers prepare teaching modules before conducting learning. (2) The implementation of social studies learning using the Independent Learning Curriculum is using a changed independent path curriculum using P5 learning. (3) The strategy used in social studies learning using the Independent Learning Curriculum is to use differentiated learning. (4) The evaluation used in social studies learning using the Independent Learning Curriculum is to provide questions and answers that are easy for students to understand.
Keywords: Implementation of the Independent Curriculum, social studies subjects
References
Alfirdha, A.(2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di
Barkah, A. I. (2022). Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Pendidikan, 1, 2022.
Fauzan, M. A., & Arifin, F. (2022). Desain Kurikulum Dan Pembelajaran Abad 21. Prenada Media.
Gustavisiana, T. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.
Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2322-2336. Iskandar, S., Rosmana, P. S., Farhatunnisa, G., Mayanti, I., Apriliya, M., &
Nabilah, M., Sitompul, S. S., & Hamdani, H. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum Dan Impuls. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika,
Rahasia, T. R. Z. ., Lumapow, H. R. ., & Sengkey, M. M. (2024). HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN SUBJECTIVE WELL BEING PADA MAHASISWA PSIKOLOGI YANG MENGIKUTI PROGRAM MBKM MANDIRI. PSIKOPEDIA, 5(2), 57-66. https://doi.org/10.53682/pj.v5i2.9095
Ruwaida, H. (2019). Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi: Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih Di Mi Miftahul Anwar Desa Banua Lawas. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 51-76. SMP N 1 Sekayu Musi Banyuasin (Bachelor's Thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Sulkipli, N. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada SMP Negeri 1 Makassar (Doctoral Dissertation, Universitas Bosowa).
Virgin Mashudi, V. R., Manongko, A. C., & Kandori, I. (2024). Implementasi Program Pertukaran Mahasiswa Kampus Merdeka Studi Pada Mahasiswa Peserta Pertukaran Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Manado. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1-14.
Nesimnasi, F. N. ., Tiwa, T. M., & Naharia, M. (2024). STRESS AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MANADO YANG MENGIKUTI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) TAHUN 2020. PSIKOPEDIA, 5(3), 263-270. https://doi.org/10.53682/pj.v5i3.9553
Zaini, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Cendekia: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marnita Kakampu1 *, Agnes Rooroh2, Silvana Oroh3
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.