PENGARUH KINERJA DAN FASILITAS LAYANAN BUMDES NGRANCE TERHADAP KEPUASAN PENJUAL DI PASAR DESA NGRANCE KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG

Authors

  • Agus Faisal Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Maria Agatha Sri W.H Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.3648

Keywords:

Kinerja, Fasilitas Layanan, Kepuasan Penjual

Abstract

ABSTRAK

Kinerja adalah bentuk hasil pencapaian seseorang sehingga mendapatkan prestasi. Prestasi itulah yang menjadi ukuran kemampuan seorang pegawai tersebut. Kinerja layanan akan sangat mempengaruhi kinerja BUMDes, tinggi rendahnya tingkat pelayanan dan pengelola lembaga akan berpengaruh terhadap kinerja lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja dan fasilitas layanan BUMDes Ngrance terhadap kepuasan penjual di pasar desa ngrance kecamatan pakel kabupaten tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuensioner) dan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Metode pengumpulan data adalah Angket (kuesioner) dan Observasi.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Cahyani, K., & Rahanatha, G. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Dampakanya Terhadap Kepercayaan Serta Loyalitas. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(10), 250199.

Eliza, Y. (2015). Analisis Kepuasan Masyarakat atas Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Siberut Selatan kabupaten Kepulauan Mentawai. Journal of Chemical Information and Modeling, 7(1), 65–73.

Fikri, K. (2018). Pengaruh iklim organisasi, kepemimpinan, kemampuan kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, VII(04), 1–148.

Ghozali, I. (2017). Pengaruh motivasi kerja, kepuasan kerja dan kemampuan kerja terhadap kinerja pegawai pada kantor kementerian agama kabupaten banjar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(1), 130–137.

Haryanto, E. (2013). Kualitas Layanan, Fasilitas Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor Samsat Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 750–760. https://doi.org/10.35794/emba.v1i3.2212

I.E.Tamara, N., Mananeke, L., & Kojo, C. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Kawangkoan Bawah Kecamatan Amurang Barat Di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3523–3532. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21625

Ikhprastyo, A. R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan di Mister Geprek Bandar Lampung.

Iskamto, D., Risman, & Alwifari, A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Eko Dan Bisnis (Riau Economics and Business Reviewe), 9(3), 186–194.

Isnada, I. (2016). Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai pada sekretariat daerah kabupaten mamuju utara. Jurnal Katalogis, 4(2), 62–75.

Nugroho, A. W., & Sudaryanto, B. (2013). Pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Menggunakan Jasa Pengiriman Barang. Diponegoro Journal of Management, 2(3), 1–9. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Nursinggih, T. R., & Dra. Apriatni EP, M. S. (2013). Analisis Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Umbul Ponggok Klaten Ditinjau dari Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Pambudi, B. S. (2010). Pengaruh kinerja pelayanan (service performance) terhadap loyalitas dengan variable antara kepuasan konsumen nasabah bank Jatim. Jurnal FE-Universitas Trunojoyo, 1–12.

Permana, M. V. (2013). Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 115–131.

Pratiwi, N. (2019). Pengaruh dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy) dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan mie ayam budi bandar lampung.

Romadhon. (2020). Analisis Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Teluk Pandan Rambahan Kabupaten Tebo, 2507, 1–9.

Rosita, Marhanah, S., & Wahadi, W. H. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 13(1). https://doi.org/10.17509/jurel.v13i1.2134

Rosita, T. (2016). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dengan komitmen organisasional sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–20.

Sarwani, S. (2019). Pengaruh Kinerja Polri Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Sim Satlantas Polres Tanggamus. Jurnal Simplex, 2(2), 42–48. Retrieved from https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JS/article/view/369

Setiawan, D. (2021). Journal of Social and Policy Issues BUMDes Untuk Desa : Kinerja BUMDes dalam Meningkatkan Perekonomian di Yogyakarta. Journal of Social and Policy Issues, 1(1), 12–16.

Simamora, B. (2016). Pengaruh motivasi, kemampuan, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Indah Pontjan Laupakam Kabupaten Karo.

Sinaga, & Hidayat. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Nongsa Kota Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 4(1), 7–14.

Sofyan, I. L., Pradhanawati, A., & Nugraha, H. S. (2013). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas , melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada Star Clean Car Wash Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–12.

Yulindaningtyas, D. (2015). Kualitas Pelayanan Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(2), 418–425. Retrieved from http://www.mendeley.com/research/kualitas-pelayanan-kependudukan-terhadap-kepuasan-masyarakat

Yuriansyah, A. L. (2013). Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan, Nilai Produk Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 2(1). https://doi.org/10.15294/maj.v2i1.1408

Additional Files

Published

2022-06-28

How to Cite

Faisal, A. ., & Agatha Sri W.H, M. . (2022). PENGARUH KINERJA DAN FASILITAS LAYANAN BUMDES NGRANCE TERHADAP KEPUASAN PENJUAL DI PASAR DESA NGRANCE KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG . Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 1-14. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.3648

Issue

Section

Articles