IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LEWAT APLIKASI TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI SDN INPRES 6/84 WALEHUNIAN SAGERAT
Keywords:
Media Pembelajaran, IPS, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan pembelajaran berbasis media interaktif lewat aplikasi tiktok untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN Inpres 6/84 Walehunian Sagerat. Dengan menggunakan media pembelajaran interaktif lewat aplikasi tiktok dapat meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas VI SDN Inpres 6/84 Walehunian Sagerat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Kemmis dan Robbin MC Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI A dengan jumlah 20 siswa. Penelitian yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus mencakup empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi dan tes. Sesuai dengan materi pembelajaran yaitu Negara-Negara ASEAN, maka tes yang dilakukan adalah tes tertulis. Teknik analisis data diperoleh dari proses hasil belajar mengajar ditandai dengan meningkatnya hasil belajar dengan menggunakan rumus Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi media pembelajaran interaktif lewat aplikasi tiktok dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil observasi dan tes pada setiap siklus dari penelitian tindakan kelas ini, terlihat pada awal pra siklus siswa yang tuntas hanya 9 siswa atau 45% sedangkan 11 siswa atau 65% lainnya belum tuntas, setelah Tindakan siklus 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan 13 siswa yang tuntas 65% sedangkan 7 siswa atau 35% lainnya belum tuntas maka penelitian dilanjutkan pada siklus 2 dengan hasil belajar menunjukkan bahwa 20 siswa atau 100% sudah tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran interaktif lewat aplikasi tiktok dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa yang ada dikelas VI A SDN Inpres 6/84 W alehunian Sagerat
