PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD INPRES II LEILEM

Authors

  • Moti Moniung Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Brianne E J Komedien Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menipembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas V SD Inpres II Leilem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart dengan empat tahapan: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres II Leilem. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi (observasi dan tes). Sedangkan data yang diperoleh akan dianalisis dengan menghitung persentase dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian hasil belajar pada siklus I sebesar 68%, pada siklus II meningkat menjadi 87,75%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres II Leilem

Downloads

Published

2024-08-28

Issue

Section

Articles