MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Febriany A. Mahagia Universitas Negeri Manado
  • Agnes M. Goni Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD GMIM PINARAS. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa dan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen  digunakan penelitian ini adalah instrumen angket atau kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Menggunakan teknik analisis data uji validitas dan uji reliabilitas untuk uji kuantitas data, uji linearitas untuk uji prasyarat serta uji regresi linear sederhana untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran problem based laearning pada hasil belajar matematika kelas V SD GMIM Pinaras. Dengan nilai F hitung = 17.531 dan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,001 atau kurang dari 0,05

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Mahagia, F. A., Goni, A. M., & Rorimpandey, W. H. F. (2024). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Bloom Journal, 1(3), 32-42. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11364

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>