MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD GMIM PINARAS. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa dan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen digunakan penelitian ini adalah instrumen angket atau kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Menggunakan teknik analisis data uji validitas dan uji reliabilitas untuk uji kuantitas data, uji linearitas untuk uji prasyarat serta uji regresi linear sederhana untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran problem based laearning pada hasil belajar matematika kelas V SD GMIM Pinaras. Dengan nilai F hitung = 17.531 dan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,001 atau kurang dari 0,05
