PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES 4/82 BATULUBANG
Keywords:
hasil belajar IPA, model STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IV SD INPRES 4/82 Batulubang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD INPRES 4/82 Batulubang yang berjumlah 20 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan ada 3 siswa atau 15% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 75. Setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran STAD di siklus I, hasil tes di siklus I ada 8 siswa atau 40% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 75. Pada siklus II meningkatkan hasil belajar IPA siswa, ditandai ada 20 siswa atau 100 % dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 75. Nilai rata-rata hasil tes meningkat, pada siklus I yaitu 64,5 meningkat pada siklus II yaitu 86. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran STAD meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD INPRES 4/82 Batulubang. Disarankan model pembelajaran STAD diterapkan pada mata pelajaran yang lain agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa
