PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI II TOMOHON

Authors

  • Intan Ulfrida Tiwow Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Sarah S. N Tombokan Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPS khususnya pada materi Berbagai Pekerjaan padasiswa kelas IV SD Negeri II Tomohon. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 16 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik pengeumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan pemberian tes. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah menghitung hasil presentase hasil belajar. Hasil penelitian yang dicapai pada siklus 1 yaitu 55,625% dan pada siklus II yaitu 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Berbagai Pekerjaan pada siswa kelas IV SD Negeri II Tomohon

Downloads

Published

2024-08-28

Issue

Section

Articles