PENGGUNAAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SD INPRES KEMBES

Authors

  • Selvia Fujiyanti Sahroni Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Margareta Oktavia Sumilat Universitas Negeri Manado

Keywords:

penggunaan video, meningkatkan hasil pembelajaran tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran tematik tema  selalu berhemat energi menggunakan video di kelas IV SD Inpres Kembes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pelenitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 7 siswa yang terdiri dari 3 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana hasil belajar pada siklus I yaitu 67,85% belum, belum mencapai KKM yang diinginkan, maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar meningkat yaitu 83,57%. Dapat disimpulkan penggunaan video dalam pembelajaran tematik tema selalu berhemat energi di kelas IV SD Inpres Kembes dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu sebagai saran kepada guru kelas IV agar dalam proses pembelajaran diharapkan menggunakan video dalam pembelajaran sehingga siswa bisa ikut aktif, kreatif, dan bersemangat dalam belajar sehingga suasan kelas pun menyenangkan.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Sahroni, S. F. ., Rorimpandey, W. H. F., & Sumilat, M. O. (2025). PENGGUNAAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SD INPRES KEMBES. Bloom Journal, 2(1), 98-104. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11553

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>