PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN 1 PASSI

Authors

  • Ni Made Dilarianti Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Martinus M Krowin Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKN melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas V SDN 1 PASSI. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 1 PASSI dengan jumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan lembar observasi dan tes. Melalui hasil penelitian menunjukan siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 70% siswa belum mencapai standar KKM dan pada siklus II memperoleh ketuntasan belajar sebesar 90%. Dengan demikian berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas V SDN 1 Passi

Downloads

Published

2024-03-25

Issue

Section

Articles