PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD KATOLIK SARONSONG
Keywords:
Metode Problem Based Instruction, hasil belajar IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Katolik Saronsong Tomohon dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Problem Based instruction untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Katolik Saronsong Tomohon. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Proses pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Katolik Saronsong Tomohon belum efektif, dilihat dari rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa lewat lembar penilaian akhir yang tidak memuaskan dimana dari jumlah siswa 16 orang hanya 6 orang atau 40% yang mendapat nilai yang baik dan 10 siswa atau 60% siswa yang mendapat nilai kurang baik.Berdasarkan masalah tersebut, maka peneliti menggunakan model pembelajaran problem bassed Instruction dengan harapan, dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan akan memunculkan minat serta keaktifan belajar siswa dalam menemukan dan memecahkan suatu masalah yang menyangkut dengan kehidupan sekitar siswa mengenai materi yang akan dipelajari sehingga peningkatan dalam prestasi belajar siswa.
