PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD NEGERI I RATAHAN

Authors

  • Rosnia Gara Universitas Negeri Manado
  • Harol R Lumapow Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Student Team Achievement Divison, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan peneliti di SD Negeri 1 Ratahan khususnya kelas IV yang berjumlah 16 siswa, yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAdengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement pada siswa Kelas IVdi SD Negeri 1 Ratahan. Students Teams Achievement Divisions (STAD) merupakan suatu model pembelajaran yang tersusun atas dasar kerjasama tim untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacuh pada desain yang di kemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Zainal Aqib,2006 hlm 31). Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan langsung proses pembelajaran dan tes. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran dihitung dengan menggunakan rumus ketuntasan belajar (KB) yaitu jumlah skor yang diperoleh siswa (T) dibagi jumlah skor total (Tt) kemudian dikalikan seratus persen (100%). Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I yaitu 59,68% dan siklus II mencapai 85,31% dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 1 Ratahan sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement dapat meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas IV SD Negeri 1 Ratahan, dan disarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement dalam proses belajar mengajar IPA untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Gara, R. ., Lumapow, H. R., & Rorimpandey, W. H. F. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD NEGERI I RATAHAN. Bloom Journal, 2(1), 133-144. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11558

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>