PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 AYONG

Authors

  • Cindra A Mokodompit Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Risal M Merentek Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model Jigsaw pada materi sifat-sifat benda pada siswa kelas IV SDN 1 Ayong. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus penelitian terdiri 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Ayong yang berjumlah 18 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data perhitungan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 65,27 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 55,6%. Pada siklus II memperoleh, nilai rata-rata sebesar 88,61 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya kelas IV SD Negeri 1 Ayong

Downloads

Published

2024-03-19

How to Cite

Mokodompit, C. A., Rorimpandey, W. H. F., & Merentek, R. M. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 AYONG. Bloom Journal, 1(1), 57-65. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/9006

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>