PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD GMIM SONDER

Authors

  • Kezya Zherina Weley Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Hetty Tumurang Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran, Circuit Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning di Kelas V SD GMIM Sonder. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 orang. Menggunakan teknik observasi dan tes untuk pengumpulan data. Data yang ada kemudian dianalisis menggunakan rumus ketuntasan belajar oleh Trianto (2010) . Dalam pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II yang juga mengalami peningkatan walaupun waktu pelaksanaanya tidak begitu jauh namun dikarenakan kemauan belajar dan kompetensi seorang guru yang begitu besar mampu mengubah keadaan yang pada siklus I dianggap belum berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I memperoleh ketuntasan belajar 61,92% dan pada siklus II memperoleh ketuntasan belajar 75,96%. Dapat disimpulkam penerapan model pembelajaran Circuit Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas V SD GMIM Sonder

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Weley, K. Z., Rorimpandey, W. H. F., & Tumurang, H. . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD GMIM SONDER. Bloom Journal, 1(2), 65–72. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/10142

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3