PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TALAITAD

Authors

  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Maxie A.J. Liando Universitas Negeri Manado
  • Erika S. V. Mogot Universitas Negeri Manado

Keywords:

hasil belajar, pembelajaran matematika, problem based learning

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yaitu proses pembelajaran Matematika masih cenderung pasif, media pembelajaran yang kurang digunakan dengan baik, metode pembelajaran yang diterapkan kurang bervariasi sehingga siswa cepat bosan dan kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, pembelajaran Matematika yang monoton (kurang menarik) cenderung menggunakan metode ceramah/konvesional. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan materi sifatsifat bangun datar. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Talaitad dengan jumlah 9 orang siswa di antaranya 7 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini bersumber dari siswa-siswi dengan guru kelas dalam proses belajar mengajar. Selain itu jenis data yang diambil menggunakan lembar penilaian guru, siswa, dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh saat peneliti melakukan observasi yang mencapai KKM hanya 2 orang siswa dan 5 orang siswa tidak mencapai KKM dan setelah peneliti menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil yang dicapai oleh siswa pada siklus I adalah 57,85%, hasil tersebut belum mencapai standar ketuntasan belajar dan pada siklus yang II hasil yang dicapai yaitu 87,85% hasil tersebut sangatlah memuaskan karena telah mencapai standar ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tematik di kelas III SD Negeri Talaitad

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Rorimpandey, W. H. F., Liando, M. A., & Mogot, E. S. V. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TALAITAD. Bloom Journal, 1(3), 16-23. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11362

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>