PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD INPRES LANSOT
Keywords:
Model pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di Kelas IV SD inpres lansot. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan/Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 6 perempuan, teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian Pada siklus I mencapai 67,85% sedangkan pada siklus II mencapai 87,5% jadi mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Probles Based Learnig untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD inpres lansot
