EFEKTIVITAS PENDEKATAN TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD GMIM V TOMOHON
Keywords:
Efektifitas Pendekatan TPACK, Hasil Belajar IPAAbstract
Penelitan ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V di sekolah dasar. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam menerima materi pelajaran yang diberikan oleh guru, selain itu kurang tepatnya pemilihan pendekatan, media, model dan metode yang digunakan disaat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu efektifitas pendekatan TPACK terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD GMIM V Tomohon. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dilkukan dengan observasi dan wawancara adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) guru dengan menggunakan pendekatan TPACK dapat meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan audio visual (film animasi) dari YouTube, 2) kegiatan belajar dan interaksi belajar mengajar mempermudah siswa untuk memahami isi materi yang dijelaskan oleh guru, 3) pemanfaatan teknologi sangat penting di saat ini, teknologi Sudah menjadi bagian penting dalam interaksi belajar mengajar. Kesimpulan efektivitas pendekatan TPACK dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD GMIM Tomohon. Saran bagi guru untuk efektivitas kegiatan pembelajaran IPA kiranya seorang guru dapat fokus mengembangkan kerangka berpikir yang berbasis teknologi dengan pendekatan (TPACK)
