PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI SD GMIM III TOMOHON
Keywords:
Hasil Belajar Peserta Didik, Pembelajaran Make a MatchAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA pada materi hewan pemakan tumbuhan dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match di kelas IV di SD GMIM III Tomohon. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan, dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD GMIM III Tomohon dengan jumlah 11 peserta didik. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra survey hanya mencapai 27,27%. Pada siklus I meningkat mencapai persentase sebesar 63,63%. Pada siklus II dilihat dari peserta didik yang mencapai ketuntaan 10 peserta didik dengan persentase 90,90%, sedangkan peserta didik yang hasil belajarnya belum tuntas mencapai 1 orang peserta didik dengan persentase 0,10%, pada siklus II ketuntasan belajar meningkat 63,63% dari data awal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada di SD GMIM III Tomohon. Dari penelitian ini kiranya guru dapat menggunakan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran lain, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.