PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI I POYOWAH KECIL

Authors

  • Glori Mosey Universitas Negeri Manado
  • Hetty J Tumurang Universitas Negeri Manado
  • Margareta Oktavia Sumilat Universitas Negeri Manado

Keywords:

Metode Problem Solving, Tematik, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada tema cita-citaku melalui penerapan metode pembelajaran Problem Solving Di Kelas IV SD NEGERI 1 Poyowa Kecil. Penelitian ini menggunakana pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dari Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Aqib Zainal, 2006:31) dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu : 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan Tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Sesuai dengan materi pembelajaran yaitu tema enam cita-citaku, maka tes yang dilakukan adalah tes tertulis. Data dianalisis dengan perhitungan persentase hasil belajar siswa. Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD NEGERI 1 POYOWA KECIL yang berjumlah 17 orang terdiri dari 7 laki-laki dan 10 perempuan. Berdasarkan Hasil penelitian Hasil yang dicapai siswa pada setiap tahap kegiatan pembelajaran pada siklus I mencapai 67% mengalami peningkatan pada siklus II dengan mencapai hasil rata-rata siswa 93%. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Mosey, G. ., Tumurang , H. J., & Sumilat, M. O. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI I POYOWAH KECIL. Bloom Journal, 2(1), 176-183. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11585

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>