PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI I POYOWAH KECIL
Keywords:
Metode Problem Solving, Tematik, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada tema cita-citaku melalui penerapan metode pembelajaran Problem Solving Di Kelas IV SD NEGERI 1 Poyowa Kecil. Penelitian ini menggunakana pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dari Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Aqib Zainal, 2006:31) dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu : 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan Tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Sesuai dengan materi pembelajaran yaitu tema enam cita-citaku, maka tes yang dilakukan adalah tes tertulis. Data dianalisis dengan perhitungan persentase hasil belajar siswa. Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD NEGERI 1 POYOWA KECIL yang berjumlah 17 orang terdiri dari 7 laki-laki dan 10 perempuan. Berdasarkan Hasil penelitian Hasil yang dicapai siswa pada setiap tahap kegiatan pembelajaran pada siklus I mencapai 67% mengalami peningkatan pada siklus II dengan mencapai hasil rata-rata siswa 93%. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.