PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V SD GMIM 3 WOLOAN

Authors

  • Novita Naomi Mamontho Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Richard D.H Pangkey Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem Based Learning, PKn, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKN dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas V SD GMIM III Tomohon yang berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan persentase hasil belajar siswa pada siklus yang pertama hanya 44% dengan nilai rata-rata 66,11 dan pada siklus yang kedua mengalami peningkatan ketuntasan klasikal menjadi 100% dengan nilai rata-rata 84,44. Oleh karena itu disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn dengan materi masalah sosial di kelas V SD GMIM III Tomohon

Downloads

Published

2024-11-05

How to Cite

Mamontho, N. N. ., Rorimpandey, W. H. F., & Pangkey, R. D. . (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V SD GMIM 3 WOLOAN. Bloom Journal, 1(3), 74-82. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11370

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>