PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V SD GMIM 3 WOLOAN
Keywords:
Problem Based Learning, PKn, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKN dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas V SD GMIM III Tomohon yang berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan persentase hasil belajar siswa pada siklus yang pertama hanya 44% dengan nilai rata-rata 66,11 dan pada siklus yang kedua mengalami peningkatan ketuntasan klasikal menjadi 100% dengan nilai rata-rata 84,44. Oleh karena itu disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn dengan materi masalah sosial di kelas V SD GMIM III Tomohon
