PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 1 AYONG KECAMATAN SANGTOMBOLANG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW

Authors

  • Celsy N. H Mokodongan Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Fransiska R Korompis Universitas Negeri Manado

Keywords:

Penggunaan Media Visual, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan Penggunaan Media Visual Materi Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas IV SDN 1 Ayong Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus penelitian terdiri 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Ayong yang berjumlah 20 orang.  Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data perhitungan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,25 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 60%. Pada siklus II memperoleh, nilai rata-rata sebesar 89 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui Penggunaan Media Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi khususnya kelas IV SDN 1 Ayong Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow

Published

2024-03-19

How to Cite

Mokodongan, C. N. H., Rorimpandey, W. H. F., & Korompis, F. R. (2024). PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 1 AYONG KECAMATAN SANGTOMBOLANG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW. Bloom Journal, 1(1), 48-56. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/9005

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>