PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN INPRES SILIAN DUA

Authors

  • Tesalonika Legi Universitas Negeri Manado
  • Marien Pinontoan Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Penelitian ini Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Inpres Silian Dua. Rendahnya hasil belajar peserta didik di SDN Inpres Silian Dua pada mata pelajaran IPS di kelas IV diakibatkan oleh beberapa hal yaitu kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada pendidik seperti menggunakan model ceramah dan latihan soal sehingga membuat peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Pendidik juga kurang memanfaatkan model pembelajaran yang beragam saat proses pembelajaran. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) dengan  menggunakan empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan perolehan hasil nilai rata-rata belajar siswa yaitu 69,52%. Sedangkan ketuntasan siklus II perolehan hasil belajar siswa yaitu 88,09%.  Dengan demikian dapat dikatakan capaian pada siklus II menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning telah berhasil meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS materi “Aku dan Kebutuhanku” pada siswa kelas IV

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Legi, T., Pinontoan , M., & Rorimpandey, W. H. F. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN INPRES SILIAN DUA. Bloom Journal, 1(3), 24-31. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11363

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>